Tempatnya Berita Menarik, MotoGP, Sepak Bola, Artikel Pengetahuan, Download Film dan Game, Tutorial Internet, Software, Hardware, Grafis dll.

Breaking

LightBlog

Popular Posts

Monday 1 June 2009

PODIUM MUGELLO


Hukum probabilitas benar-benar menyapa Valentino Rossi. Rekor kemenangan berturut-turutnya di Sirkuit Mugello, Italia, akhirnya terhenti juga. Setelah tujuh kali naik ke puncak podium, kemarin bintang Fiat Yamaha itu harus rela turun dua langkah, finis di urutan ketiga.



Andalan Ducati Marlboro, Casey Stoner, tampil sebagai juara. Bintang muda Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo, menyelesaikan lomba di urutan kedua.

Grand Prix Italia kemarin berlangsung seru dari awal sampai akhir. Lintasan basah membuat lomba 23 lap itu berlangsung seperti lotere. Di awal lomba, para jagoan hujan sempat bersinar di depan. Yaitu Chris Vermeulen (Rizla Suzuki) dan Marco Melandri (Hayate Kawasaki).

Namun, setelah delapan putaran, lintasan makin mengering. Peta kekuatan asli perlahan kembali. Khususnya setelah para pembalap masuk pit, ganti memakai motor yang dilengkapi ban kering.

Pada sepuluh putaran terakhir, barulah calon-calon pemenang terlihat. Andrea Dovizioso (Repsol Honda) sempat di depan, memburu kemenangan pertama dalam karirnya. Pembalap veteran Rizla Suzuki, Loris Capirossi, juga sempat mencium bau-bau kemenangan.

Kemudian Casey Stoner melejit di depan. Meski motornya cepat, bukan berarti Stoner meyakinkan. Pasangan Fiat Yamaha tampak sangat mengancam. Khususnya Lorenzo.

Beruntung Ducati punya kecepatan hebat di trek lurus Mugello yang panjang, sehingga Stoner mampu mengamankan posisi di depan relatif tanpa gangguan serius.

Bagi Ducati, kemenangan ini sangatlah istimewa. Sejak terjun di kelas MotoGP pada 2003, belum sekalipun mereka menang di kandang sendiri. Dalam enam kunjungan sebelumnya, mereka tiga kali finis runner-up, sekali finis di urutan ketiga.

Bahkan saat tampil dominan pada 2007 Ducati juga gagal menang. Waktu itu, Alex Barros finis ketiga untuk Pramac D'Antin Ducati. Tahun lalu, Stoner finis kedua, sebelum akhirnya naik ke puncak podium di tahun 2009 ini.

Usai lomba, Rossi mengaku tak terlalu kecewa. Bahkan, dia seperti sudah siap kalau rekor tujuh kemenangan itu harus terhenti.

"Setelah tujuh kemenangan, hasil (kemarin) memang harus disayangkan. Tapi ini situasi normal," ucap pembalap 30 tahun itu. "Akhir pekan ini berlangsung cukup berat untuk saya. Khususnya saat lomba, yang berlangsung gila dan mengesankan. Tapi bagaimana pun, finis di podium lebih baik daripada tidak sama sekali," lanjutnya.

Stoner sendiri tentu merasa senang dengan hasil ini. Sebelum lomba, Stoner sebenarnya sudah mencatat waktu terbaik di babak latihan Minggu pagi, saat lintasan sudah basah. Namun, dia mengaku tetap berharap lomba berlangsung kering. Untungnya, basah dan kering, dia tetap menang.

"Di sirkuit inilah saya meraih pole position pertama saya di kelas 125 cc (tahun 2003, Red). Saya pernah merasakan pahit manis di sini, tapi saya selalu menikmati sirkuit ini. Saya selalu bersenang-senang di sini," tandasnya.

Dengan hasil kemarin, Stoner kini kembali ke puncak klasemen. Seri keenam MotoGP 2009 akan diselenggarakan di Barcelona, Spanyol, 14 Juni mendatang. (aza)

Hasil MotoGP Italia (15 Besar, 23 Lap)

1. Casey Stoner, Ducati Marlboro

2. Jorge Lorenzo, Fiat Yamaha

3. Valentino Rossi, Fiat Yamaha

4. Andrea Dovizioso, Repsol Honda

5. Loris Capirossi, Rizla Suzuki

6. Colin Edwards, Tech 3 Yamaha

7. James Toseland, Tech 3 Yamaha

8. Randy de Puniet, LCR Honda

9. Niccolo Canepa, Pramac Ducati

10. Chris Vermeulen, Rizla Suzuki

11. Marco Melandri, Hayate Kawasaki

12. Nicky Hayden, Ducati Marlboro

13. Mika Kallio, Pramac Ducati

14. Toni Elias, Honda Gresini

15. Alex de Angelis, Honda Gresini

Klasemen Pembalap (Setelah 5 dari 17 Seri)

1. Casey Stoner90 poin

2. Jorge Lorenzo86

3. Valentino Rossi81

4. Dani Pedrosa57

5. Andrea Dovizioso56

6. Marco Melandri48

7. Colin Edwards45

8. Loris Capirossi38

9. Chris Vermeulen37

10. Randy de Puniet34

11. James Toseland 26

12. Toni Elias 23

13. Alex de Angelis 21

14. Mika Kallio 19

15. Nicky Hayden 13

16. Niccolo Canepa 10

17. Sete Gibernau 8

18. Yuki Takahashi 8


Jelang Grand Prix Turki Di Sirkuit Istanbul (1)

HALAMAN KEMARIN

* Ramai-Ramai Bikin Tim Formula 1 ''Murah Meriah''
* Kecepatan Motor Suzuki GSV-R Kalah di Trek Lurus
* Masalah Kopling di Akhir Lomba
* Apes Pedrosa Berlanjut, Kini Cedera Otot Paha
* Starter Jateng Dominan di Malang
* Delapan Besar GP Italia Bakal Ketat
* Masih Menunggu Respons FIA
* Pecah Rekor Top Speed
* Tarik Ulur Regulasi Formula 1 2010 Masih Berlanjut
* Lorenzo Tercepat Duluan



No comments:

Post a Comment

Facebook

LightBlog